Home » Bagaskara Info » Sengketa Konsumen dan Produsen Mobil Pernah Terjadi

Sengketa Konsumen dan Produsen Mobil Pernah Terjadi


Mila memamerkan brosur March

Jakarta – Bila di Indonesia ada Ludmilla Arif yang menuduh Nissan March boros sampai ke meja hijau. Di Amerika, hal itu juga pernah terjadi ketika pemilik Civic Hybrid menggugat Honda, juga karena mobilnya boros. Disana konsumen menang dan produsen kalah.

Klaim konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan memang bisa didapat dengan berbagai metode yang tiap metodenya akan melahirkan hasil yang berbeda. Biasanya, pengetesan dilakukan di jalan bebas hambatan, sirkuit atau jalan lenggang yang membuat konsumsi bahan bakar terlihat efisien.

Tapi ketika digunakan di kondisi Indonesia, angka itu patah karena kondisi jalan tidak sesuai dengan kondisi jalan ketika pengetesan. Disini ada dua pendapat yang bertarung: klaim pabrikan tidak jujur karena tidak bisa dijadikan rujukan untuk iklan dan pendapat yang mengatakan hal itu sah-sah saja dilakukan.

Di Indonesia Ludmilla Arif menuntut Nissan untuk membeli kembali Nissan March sesuai dengan uang yang dia keluarkan untuk membeli mobil tersebut karena merasa dirinya dibohongi Nissan melalui iklan-iklannya.

Ludmilla mengganggap Nissan melalui klaim konsumsi bahan bakar di berbagai tulisan media massa dan brosur March telah berbohong. Di media massa banyak di tulis konsumsi Nissan March yang dites wartawan mampu mencapai konsumsi 18,5 km/liter, sementara di brosur tertulis 21,8 km/liter.

Padahal kenyataannya, konsumsi Nissan March yang baru dibelinya beberapa bulan itu tidak sesuai klaim Nissan tadi.

“Paling cuma 12 km/liter. Kalau kena macet malah bisa sampai 8 km/liter,” aku Ibu single parent dengan dua orang anak ini sambil menunjukkan brosur yang menuliskan klaim March 21,8 km/liter.

Setelah dimediasi oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Nissan akhirnya diputuskan untuk membeli kembali mobil tersebut dengan harga Rp 150 juta. Nissan menolak dan hanya mau membayar Rp 138 juta.

Karena itum mereka pun menggugat balik keputusan BPSK dan mengajukan banding ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan agar membatalkan keputusan BPSK.

Button Puji Suasana Tim McLaren
Daftar Calon Mobil Terbaik di Dunia

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow