Home » Info Wisata » Rumah Budaya Indonesia Akan Dibangun di 10 Negara

Rumah Budaya Indonesia Akan Dibangun di 10 Negara

KOMPAS/ALIF ICHWAN

TEMANGGUNG — Pemerintah akan membangun rumah budaya di 10 negara, yakni Jepang, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Timor Leste, Mesir, Brasil, India, dan China.

“Ini diperlukan karena setiap hari Indonesia kebanjiran pusat-pusat kebudayaan asing. Di Jakarta itu ada puluahan pusat kebudayaan asing,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Windu Nuryanti, di Temanggung, beberapa waktu lalu.

Pembangunan pusat kebudayaan di mancanegara pada 2013, kata dia, dimaksudkan untuk mendukung diplomasi budaya dan mempromosikan pariwisata dalam negeri.

Ia menambahkan, pemerintah juga berencana membangun dua rumah budaya nusantara di setiap provinsi.

“Kabupaten/kota silakan mengajukan proposal nanti akan dilakukan verifikasi, jika memang sesuai, akan dibangun di kabupaten/kota tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, rumah budaya akan dilengkapi dengan perpustakaan dan fasilitas untuk mendongeng, olah rasa, dan olah seni.

Windu menjelaskan pula bahwa dalam hal ini pemerintah sengaja menggunakan kata “rumah” untuk pusat-pusat kebudayaan yang akan dibangun karena kata itu merepresentasikan kenyamanan.

“Kami menghindari kata ‘kantor’ karena pukul 14.00 umumnya kantor sudah tutup, kalau rumah bisa buka 24 jam,” katanya.

Kompas.com

 

Empat Lawang, Anak Bungsu dengan Potensi Pariwisata
Menjelajahi Penjuru Negeri dan Menemukan Uniknya Indonesia

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow