Home » Info Kampus » Kemenristek Kumpulkan Hasil Penelitian Perguruan Tinggi

Kemenristek Kumpulkan Hasil Penelitian Perguruan Tinggi

Sabtu, 21 April 2012 12:17 WIB

Bandung, (tvOne)

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) terus berupaya menggalang sinergi antara dunia akademis dan industri melalui pembentukan konsorsium.

Ketika memberikan kuliah umum bertema “Iptek dan Inovasi untuk kemajuan Indonesia” di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (21/4), Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan untuk itu Kemenristek sedang mengumpulkan hasil penelitian dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Sekarang sedang berupaya untuk mengumpulkan hasil-hasil penelitian dari berbagai perguruan tinggi dan badan penelitian agar bisa dipertemukan dengan industri,” ujarnya.

Gusti mengakui tidak mudah untuk memasarkan hasil-hasil penelitian tersebut kepada dunia industri karena umumnya setiap perusahaan sudah memiliki teknologi sendiri. Sangat sulit, lanjut dia, menawarkan teknologi baru dari hasil karya peneliti Indonesia karena perusahaan tersebut harus mengubah alur produksi mereka.

Karena itu ia berharap konsorsium antara dunia akademi dan industri dapat diawali dengan inisiatif dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita ingin mendorong BUMN utamanya bisa memproduksi hasil penelitian dari dunia akademik,” ujarnya.

Menurut Gusti, saat ini sudah terbentuk satu konsorsium antara Biofarma dan Universitas Airlangga di Surabaya untuk memproduksi vaksin flu burung yang akan dimulai pada 2013.

Selain itu, Biofarma juga telah siap bekerjasama dengan beberapa universitas lain guna memproduksi vaksin Hepatitis B.

“Saya berharap konsorsium seperti ini bisa terbentuk lebih banyak lagi untuk menyerap hasil penelitian dari dunia akademik,” demikian Menristek. (Ant)

1669

UGM Uji Ketahanan Mobil Gas dengan Rute Yogyakarta-Jakarta
Wah, Sarjana di Indonesia Ternyata Banyak Ingin Jadi PNS

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow