Home » Info Kampus » Kapal Fiber Karya Penghuni Lapas Porong Siap Diluncurkan

Kapal Fiber Karya Penghuni Lapas Porong Siap Diluncurkan

Batam, (tvOne).

Narapidana dan tahanan Lembaga Pemasyarakatan Porong, Jawa Timur berhasil membuat kapal patroli berbahan fiber. Untuk melakukan pengembangan kapal fiber tersebut, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia menganggarkan Rp450 Juta.

“Anggarannya Rp450 juta,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemkumham, Sihabudin di Batam Provinsi Kepulauan Riau,Jumat, (13/4).

Dirjen Pemasyarakatan Sihabudin mengatakan Kementerian amat mendukung hasil karya penghuni lapas, apalagi bisa dikembangkan dan berguna bagi masyarakat.

Kapal patroli berbahan fiber karya para penghuni Lapas Porong siap diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada Kamis (26/4). Diharapkan, peluncuran kapal oleh LP Porong bisa memicu lapas lain dalam mengembangkan industri kreatifnya.

Sementara itu, Humas Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Wilayah Jawa Timur, Tjahjo mengatakan peluncuran kapal itu akan dilakukan di Kali Porong bersamaan dengan rangkaian kegiatan HUT Kemenkumham ke-48.

Tjahjo menjelaskan, kapal itu merupakan karya asli penghuni LP Porong yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam rangka program unggulan pembinaan para narapidana (napi). “Kapal ini berbahan fiber, yang dibuat berukuran 9 X 2,2 meter, dan mampu dibuat patroli dengan kapasitas tujuh hingga 10 penumpang,” katanya.

Tjahjo mengatakan, pembuatan kapal oleh penghuni LP adalah satu terobosan pertama di Indonesia, sebab selama ini lapas selalu dianggap sebagai “tempat sampah” dan hanya dilirik sebelah mata. “Kapal ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh petugas kepolisian berpatroli serta dimanfaatkan untuk produksi secara luas,” katanya.

Menurut Tjahjo, hasil karya penghuni Lapas selama ini kurang tereksploitasi dengan baik, sehingga banyak industri LP yang berhenti pada tataran sekitar LP. “Dengan adanya peluncuran ini bisa menjadi penyemangat industri kreatif LP,” katanya. (Ant)

1776

Badak Sumatera Jadi Satwa Nasional 2012
UGM Uji Ketahanan Mobil Gas dengan Rute Yogyakarta-Jakarta

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow