Wisata Sejarah ” Benteng Pendem Ngawi ”

Benteng Pendem Ngawi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Benteng Pendem ini dibangun oleh gubernur van den bosh sekitar tahun 1839 dengan memanfaatkan sungai bengawan solo dengan tujuan untuk mengatasi serangan dan pengaruh kerajaan mataram di yogyakarta. Saat kaki melangkah memasuki komplek bangunannya, sisa-sisa kekuatan Benteng Van Den Bosch atau yang biasa disebut Benteng Pendem Ngawi, masih sangat terasa. Keberadaan benteng ini tak banyak dikenal orang, bahkan nyaris terlupakan.

Menurut Bapak Tri Sarwo Edi,Salah seorang petugas jaga mengatakan bahwa dinamakan benteng pendem karena dulunya benteng ini tertutup tanggul.Ia menambahkan,bahwa Lokasi benteng pendem ini istimewa karena berada di tengah tengah aliran sungai.Lokasi benteng pendem ini sendiri  yaitu Timur Pasar Besar Ngawi, tepatnya Di Desa/Kampung Pelem. Hanya 3 Km dari Kota Ngawi.

Selama puluhan tahun benteng ini tidak boleh dijamah oleh publik karena merupakan daerah kekuasan militer. Padahal, jika ditelisik, benteng ini merupakan bangunan bersejarah yang patut dilindungi dan dikenal oleh masyarakat.

Menurut cerita masyarakat, setelah Indonesia merdeka, tepatnya sejak tahun 1962, Benteng Van Den Bosch dijadikan markas Yon Armed 12 yang sebelumnya berkedudukan di Kabupaten Malang. Pada waktu itu, kegiatan latihan militer dan kesatuan juga dipusatkan di areal benteng. Karena kondisi yang bangunan tidak mendukung untuk perkembangan dan kemajuan kesatuan, maka sekitar 10 tahun kemudian Yon Armed 12 menempati lokasi baru di Jalan Siliwangi, Kota Ngawi. Namun, sebagian area benteng masih digunakan untuk gudang persenjataan. Tembok dan tiang-tiang penyangganya masih berdiri kokoh, hanya saja telah pudar dimakan usia. Tampak jelas jika bangunan Benteng Van Den Bosch ini dibangun sebagai zona pertahanan pada waktu pemerintahan Belanda dulu. selain itu benteng ini dulunya juga digunakan oleh ilmuwan belanda sebagai tempat persinggahan

Meskipun telah berusia tua, benteng pendem ngawi masih sangat kokoh. Bangunan ini terdiri dari pintu gerbang utama serta kamar kamar yang digunakan untuk para tentara. Ada sebuah halaman rumput di tengah tengah benteng dan juga ada beberapa tempat yang dulunya digunakan sebagai kandang kuda.

 

Bumi Perkemahan Mojo Semi, Magetan
Batik Pring Sidomukti Khas Magetan

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow