Batik Pring Sidomukti Khas Magetan

Magetan adalah salah satu tempat yang terkenal dengan sentra kerajinan kain batik yang tidak kalah menariknya dengan senta kerajinan batik di kota-kota lain. Magetan mempunyai potensi pembuatan kain batik sebagai ciri khas kabupaten magetan yang tentunya dibuat oleh tangan-tangan mahir dan cekatan masyarakat asli Magetan. Orang menyebutnya Batik Sidomukti (Batik Pring). Karena memang motif batik yang satu ini adalah bambu yang dalam bahasa jawanya biasa disebut pring. Pengrajin Batik Sidomukti ini bertempat di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.
Sebuah perkampungan di bawah lereng gunung lawu. Sejak dulu, secara turun temurun dikalangan para ibu-ibu baik tua maupun muda mempunyai tradisi membatik. Motif pada kain batik dari Desa Sidomukti ini banyak ragamnya, tetapi yang paling menonjol diantara yang lainnya dan bahkan satu-satunya motif batik yang tidak dimiliki oleh daerah lain yaitu motif “Pring Sedapur”. Motif batik dibuat karena terinspirasi dari banyaknya tanaman bambu yang mengelilingi Dusun Papringan di Desa Sidomukti.
Sentra pembuatan batik pring ini mengalamai perkembangan yang sangat pesat. Pemasarannya kini bahkan tidak hanya di daerah Magetan dan sekitarnya saja tetapi juga sampai ke luar kota. Peminat batik pring ini begitu banyak, dikarenakan kualitas tinggi motif kain batik ini. Saat inipun para siswa dan guru SMA Negeri se-Kabupaten diwajibkan memakai seragam yang bermotif batik pring. Seragam ini kini menjadi ciri khas siswa dan guru SMA Negeri di Kabupaten Magetan. Para peminat batik pring juga dapat datang langsung ke sentra pembuatan batik. Dapat memilah dan memilih sembari belajar dan melihat langsung pembuatan batik pring sedapur dari desa sidomukti yang menjadi ciri khas Kabupaten Magetan.
Batik pring inipun harus dijaga kelestariannya agar tidak hilang tertinggal zaman. Dengan cara mengajarkan dan melatih generasi-generasi muda untuk membuat dan merancang kain batik pring sedapur ini menjadi bahan jadi yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan begitu batik pring sedapur dari Desa Sidomukti Magetan ini akan terus berkembang dan berjaya ditengah ramainya persaingan batik di Indonesia.
Wisata Sejarah '' Benteng Pendem Ngawi ''
Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow