Ilmuwan Menemukan Galaksi Terkecil dengan 1.000 Bintang

CALIFORNIA – Selama ini yang ada dalam bayangan hampir semua orang ketika mendengar galaksi tentu terbentang luas di luar angkasa dan memiliki miliaran bintang yang bertaburan. Namun ternyata tidak selalu demikian.

Para ilmuwan dari University of California Irvine, Amerika Serikat (AS) belum lama ini menemukan sebuah galaksi yang memiliki ukuran sangat kecil dan diduga hanya memiliki 1000 bintang saja. Dengan menggunakan teleskop WM Keck Observatory di Hawaii, mereka menemukan sebuah galaksi berukuran kecil yang diberi nama Segue 2. Demikian dikutip Softpedia, Selasa (11/5/2013).

Segue 2 adalah salah satu dari sekian banyak galaksi berukuran kecil yang melayang-layang sendiri di angkasa. Para ilmuwan mengatakan galaksi tersebut memiliki materi gelap di sekelilingnya yang membuatnya berbeda dengan galaksi-galaksi lainnya.

Adapun mereka mengatakan komponen galaksi Segue 2 ini terdiri dari bintang-bintang, gas dan berbagai materi gelap yang memiliki gravitasi. Hasil penemuan galaksi terkecil di luar angkasa ini dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal.

Astronom menemukan Dua Planet Mengorbit Bintang Mirip Matahari